Jumat, 19 November 2010

Perasaan Minder!!


Perasaan minder adalah merupakan bagian dari adanya perasaan harga diri yang rendah. Satu waktu dalam kehidupan kita pernah kita merasa lemah, bodoh, tidak terlalu baik, kalah dibanding orang lain, tidak berguna, tidak menarik, jelek, tidak dicintai, dan gagal. Setiap orang menggunakan kata-kata itu untuk menggambarkan dirinya ketika menghadapi suatu tantangan hidup / stres dalam kehidupan mereka. Tetapi apabila orang tersebut terus menerus memikirkan hal tersebut maka dia memiliki masalah dengan harga diri yang rendah. Harga diri yang rendah / minder adalah pikiran negatif tentang diri kita sendiri dan menempatkan nilai negatif pada diri kita sendiri. Belum tentu orang lain berpikir hal yang sama dengan kita. Ada beberapa tips untuk mengatasi harga diri yang rendah, yaitu dengan memikirkan :

• Saya memiliki hak untuk berada di sini
• Saya cukup berharga
• Saya bermakna
• Saya senang menjadi diri saya sendiri
• Saya memiliki kekuatan saya sendiri
• Adalah hal yang baik memikirkan hal yang baik tentang diri sendiri

Gantikan pikiran yang negatif tentang diri sendiri dengan hal yang positif. Apabila Anda merasa bahwa hal tersebut sudah sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, jangan ragu-ragu datang ke psikiater / psikolog yang tentunya akan memberikan pertolongan secara profesional. Tapi satu hal yang pasti, sebagai  orang yang berTuhan sewajarnya kita kembali kepada yang kuasa dan mohon petunjuk Nya.

Yah begitulah, sulit memang, namun kita harus bisa kalahkan perasaan minder itu sendiri.

Namun parahnya pemilik Blog ini sendiri pun adalah manusia tukang minder juga.. hahaha

semoga bermanfaat. Regards!

0 komentar:

Posting Komentar